Tugas survei tanah dan evaluasi lahan

 TUGAS INDIVIDU
SURVEY TANAH DAN EVALUASI LAHAN
Nama               : Zahra Nur Anisa F.
NIM                : 165040201111051
Kelas               : H
1.        Ada beberapa istilah dalam kuliah ini, dalam kuliah minggu 1 dan 2 ada beberapa istilah yang perlu pemahaman, berikan penjelasan (definisi dan penjelasannya), misalnya:
a.       Peta tanah
Peta tanah adalah peta yang menggambarkan variasi dan persebaran berbagai jenis tanah atau sifat-sifat tanah seperti pH, tekstur, kadar organik, kedalaman di suatu area. Peta tanah merupakan hasil dari survei tanah dan digunakan untuk evaluasi sumber daya lahan, pemetaan ruang, perluasan lahan pertanian, konservasi, dan sebagainya. Dalam peta tanah, terdapat data primer yang merupakan hasil dari pengukuran langsung di lapangan dan data sekunder merupakan hasil dari perhitungan dan atau perkiraan berdasarkan data yang didapatkan di lapangan.
b.      Skala peta
Skala tanah adalah perbandingan jarak dua titik di dalam peta terhadap jarak yang sebenarnya di atas permukaan bumi
c.       Delineasi batas tanah (Soil delineation)
Delineasi batas tanah adalah daerah yang dibatasi oleh suatu batas tanah pada suatu peta.
d.      Poligon
Poligon adalah serangkaian titik-titik yang dihubungkan dengan garis lurus sehingga titik tersebut membentuk sebuah rangkaian titik atau poligon.
e.       Satuan Peta
Satuan peta adalah suatu konsep kelompok dari satu deliniasi atau lebih yang diidentifikasi dengan nama yang sama dalam survei tanah yang menunjukkan areal lanskap yang sama. Satuan peta juga dapat diartikan sebagai satuan lahan yang mempunyai sistem fisiografi/landform yang sama, dibedakan satu sama lain di lapangan oleh batas-batas alami dan dapat dipakai sebagai satuan evaluasi lahan.
f.       Satuan Peta Tanah
Satuan peta tanah adalah kelompok lahan atau tanah yang mempunyai sifat-sifat (karakteristik) yang sama atau hampir sama, penyebarannya digambarkan dalam peta. Satuan peta tanah disusun untuk menampung informasi penting dari suatu luasan (poligon) tentang hal-hal yang berkaitan dengan survei tanah. Satuan peta tanah dibedakan menjadi 2, yaitu: satuan peta tanah sederhana dan satuan peta tanah majemuk.
g.      Legenda
Legenda peta adalah sebaran jenis tanah di permukaan bumi divisualisasikan dalam bentuk peta tanah yang dilengkapi dengan tanda-tanda dan keterangan singkat. Legenda peta tanah berfungsi untuk mengidentifikasikan satuan peta serta memberikan informasi tentang satuan-satuan yang terdapat dalam suatu peta tanah. Legenda peta tanah terdiri atas 2 bagian, yaitu simbol dan uraian atau deskripsi.
h.      Foto udara
Foto udara adalah hasil pemotretan dari udara dengan menggunakan perangkat pemotretan yang ditempatkan di pesawat, helikopter atau benda terbang lainnya yang juga menggambarkan penampakan dari suatu area di di permukaan bumi.
i.        Stereoskop
Stereoskop adalah alat yang digunakan untuk mengamati dua citra foto yang berurutan atau berpasangan, dimana masing-masing foto meliputi objek di permukaan bumi yang sebagian besar sama.
2.        Buat halaman yang berisi resume bahan kajian kuliah minggu pertama, yang berisi penjelasan (definisi dan penjelasannya)
     Pada perkuliahan minggu pertama membahas kembali materi tentang Dasar Ilmu Tanah (DIT). Komposisi tanah yang baik terdiri dari 45% bahan mineral, 5% bahan rganic, 25% udara dan 25% air. Faktor pembentuk tanah ada 5, yaitu :
1.      Bahan Induk
     Bahan induk merupakan bahan pemula tanah, yang tersusun dari berbagai bahan organik dan atau mineral, bahan induk dapat juga berasal dari bahan tanah yang diendapkan dari tempat lainnya sebagai akibat proses transportasi oleh angin. Bahan induk terdiri dari batuan vulkanik, batuan beku, batuan sedimen (endapan), dan batuan metamorf. Batuan induk itu akan hancur menjadi bahan induk, kemudian akan mengalami pelapukan dan menjadi tanah
2.      Topografi
     Topografi adalah perbedaan tinggi atau bentuk wilayah suatu daerah, termasuk perbedaan kecuraman dan bentuk lereng. Peran topografi dalam proses genesis dan perkembangan profil tanah yaitu mempengaruhi dalam menentukan : (1) jumlah air hujan yang dapat meresap atau disimpan oleh massa tanah, (2) kedalaman air tanah, (3) besarnya erosi yang dapat terjadi, (4) arah pergerakan air yang membawa bahan-bahan terlarut dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
3.      Iklim
Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas dan ditentukan berdasarkan perhitungan dalam waktu yang lama. Di antara komponen iklim yang paling berperan adalah curah hujan dan temperatur. Pengaruh curah hujan adalah sebagai pelarut dan pengangkut, maka air hujan akan mempengaruhi : (1) komposisi kimiawi mineral-mineral penyusun tanah, (2) kedalaman dan differensiasi profil tanah, dan (3) sifat fisik tanah.
Pengaruh temperatur yaitu tanah yang terbentuk pada temperatur rendah (daerah kutub) akan cenderung berkadar biomasa rendah, sehingga tanaman yang tumbuh umumnya berbatang kecil dan lambat berkembang. Tanah yang terbentuk pada temperatur tinggi juga berkadar biomasa rendah tetapi matang karena cepatnya proses mineralisasi kimiawi terhadap sisa-sisa tanaman. Tanah-tanah yang terbentuk pada daerah temperatur sedang akan mempunyai jenis dan populasi mikroba yang ideal, maka aktivitas biologisnya dalam dekomposisi biomass juga akan ideal.
4.      Organisme
     Organisme sangat mempengaruhi kandungan bahan organik penyusun tanah. Organisme juga mempengaruhi terjadinya proses pelapukan organik, membantu pembentukan tanah humus, mempengaruhi jenis vegetasi yang tumbuh, serta kandungan kimia organik yang terdapat di tanah.
5.      Waktu
Faktor pembentuk tanah yang terakhir adalah waktu. Waktu sangat mempengaruhi sifat  fisik, kimia, dan biologi dari tanah yang terbentuk.


Pada kuliah minggu pertama juga terdapat beberapa istilah seperti :
·     Survei tanah adalah penelitian tanah di lapangan dan di laboratorium yang dilakukan secara sistematis dengan metode-metode tertentu terhadap suatu daerah tertentu yang ditunjang oleh informasi dari sumber-sumber lain yang relevan.
·       Evaluasi lahan adalah proses pengukuran, pencatatan, dan pengumpulan keterangan mengenai suatu areal tanah untuk mengevaluasi kegunaannya.
  •   Tekstur adalah perbandingan komposisi pasir : liat : debu dalam bagian mineral tanah

·      Struktur adalah susunan partikel primer (pasir, debu dan liat) yang bergabung menjadi satuan yang lebih besar (agregat atau ped).
·     Warna tanah  adalah sifat tanah yang paling mudah terlihat. Untuk menentukan warna tanah menggunakan buku Munsell Color Chart.
·    Konsistensi tanah adalah ketahanan massa tanah terhadap perubahan bentuk dan ketahanan terhadap gaya dari luar
·     Drainase tanah merupakan kemampuan tanah untuk mengalirkan dan mengatuskan kelebihan air yang berada di dalam tanah maupun pada permukaan tanah.
·  Kedalaman efektif tanah yaitu keadaan dimana akar tanaman sudah tidak bisa lagi menembusnya yang disebabkan oleh tanah yang padat, air tanah, pH rendah
·    Pori tanah merupakan bagian tanah yang tidak terisi bahan padat seperti air atau tanah itu sendiri. Terdapat 2 macam pori tanah, yaitu pori mikro dan pori makro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koleksi Peta Kota Surabaya

Tugas Latihan Minggu ke 4